Notice: Undefined variable: data in /home/jdihnew/public_html/count.php on line 19
.:: JDIH LamTeng ::.
LOGO Jaringan Dokumentasi Dan Informasi Hukum LOGO
Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah
BUPATI

LOEKMAN DJOYOSOEMARTO

FORM LOGIN

Untuk mengirim tanggapan silakan login terlebih dahulu jika belum mempunyai akun silakan membuat akun terlebih dahulu
klik di sini

PENGUNJUNG

IP Address : 192.168.20.1
Browser :
Total Pengunjung : 601 Visitors

KEGIATAN PEMBINAAN P3KSS DAN PEMBERIAN BANTUAN STIMULAN KEPADA WARGA BINAAN KAMPUNG BANJAR KERTA RAHAYU KEC. WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2019


Pada tahun 2019, Kegiatan Pembinaan P3KSS dan Pemberian Stimulan Kepada Warga Binaan dilaksanakan di Kampung Banjar Kkerta Rahayu Kec. Way Pengubuan Kab Lampung Tengah sasarannya adalah keluarga pra sejahtera sebanyak 100 Keluarga dengan wanita sebagai ujung tombaknya.

Lokasi pembinaan P3KSS merupakan daerah yang tertinggal  tetapi berkembang  atau daerah miskin perkotaan sehingga program ini sangat membantu dalam menjembatani  keadaan ini. Dalam pelaksanaannya tim pembina yang terdiri dari utusan  satker/dinas terkait melakukan pembinaan dan penyuluhan secara terpadu ke rumah-rumah warga binaan dengan jadwal yang telah ditentukan. Selanjutnya dilombakan ke Tingkat Kabupaten.

Pembinaan P3KSS dimulai pada bulan Maret 2019 hingga April 2019  oleh tim pembina utusan dari satker terkait kegiatan ini  untuk mempersiapkan  Lomba P3KSS Tingkat Provinsi Tahun 2019.

Adapun tujuan dari program pembinaan P3KSS adalah :

  1. Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi warga binaan.
  2. Untuk meningkatkan partisipasi perempuan di bidang pembangunan.
  3. Meningkatkan pendapatan warga binaan agar dapat hidup layak dan memadai.
  4. Meningkatkan derajat kesehatan bagi warga binaan agar dapat hidup sehat dan mengerti akan kebersihan lingkungan.
  5. Memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman obat-obatan dan sayuran yang berguna bagi kesehatan dan gizi keluarga serta unttuk membantu dalam meningkatkan pendapatan keluarga.
  6. Mengkoordinasikan berbagai upaya pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dan kinerja posyandu, BKB, BKR dan Lansia.

Jenis pembinaann P3KSS meliputi :

  1. Penyuluhan tentang Hukum.
  2. Penyuluhan dan pembinaan kesehatan, kebersihan, kerapihan dan tata laksana rumah tangga.
  3. Pemberian bantuan stimulan berupa pasir, semen, bata, triplek, bowel, cat tembok, cat kapur, paralon, Kayu Kaso, Pintu Kamar Mandi, Batu Split, Papan Data, Papan Nama, Kitab Suci, Paku Kayu, dll dari Dinas PP PA PP Dan KB Kab Lampung Tengah dan satker-satker terkait untuk pembuatan MCK/Spal, Plafon, Lantainisasi, tungku atas, dll
  4. Pemberian Bantuan Stimulan berupa tempat sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro dan Tempat Cuci Tangan dalam rangka pemahaman kesehatan terhadap PHBS.
  5. Pemberian bantuan bibit tanaman berupa TOGA dan bibit tanaman sayuran yang dapat ditanam di halaman / pekarangan guna menambah pengetahuan warga tentang obat-obatan dan juga dapat menambah pendapatan keluarga dari Dinas Pertanian.
  6. Memberikan pengetahuan tentang pembukuan / pencatatan dan pelaporan bagi warga binaan yang mempunyai usaha. Selain itu juga memberikan pembinaan tentang pengemasan hasil produksi agar barang-barang yang dihasilkan terlihat lebih menarik, sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi.
  7. Memberikan penyuluhan tentang cara pembuatan MOL (pupuk organik cair) dari Dinas Pertanian
  8. Penyuluhan tentang Bank Sampah dan pemanfaatan barang bekas dari Dinas Lingkungan Hidup.

Dengan dukungan dari satker-satker terkait dalam memberikan bantuan stimulan kepada warga binaan pra sejahtera seperti Dinas PP PA PP Dan KB, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Sosial, BPKAD, Bappeda, Dinas PU, Kemenag, dll, serta kerja sama dari tim pembina, warga binaan, masyarakat Kampung Banjar Kerta Rahayu pada umumnya, kelurahan, kecamatan dan pihak-pihak lain untuk mensukseskan Lomba P3KSS Tingkat Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2019 di Kampung Banjar Kerta Rahayu.